Hadi Supeno Dilaporkan Ortu Arumi, KPAI Siap Bantu

|

Mahfiroh - Okezone

Arumi Bachsin (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

Hadi Supeno Dilaporkan Ortu Arumi, KPAI Siap Bantu
JAKARTA - Mantan ketua KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) Hadi Supeno dilaporkan orangtua Arumi Bachsin ke Polda. KPAI menyatakan siap membantu Hadi.

Ayah Arumi, Rudi Bachsin, ditemani pengacara Minola Sebayang melaporkan Hadi ke Polda Metro Jaya pada 17 Desember 2010. Hadi diduga telah membuat pembohongan publik yang tidak benar, atau menyesatkan sehingga ada kerugian yang dialami keluarga Arumi. Hadi dilaporkan telah melanggar UU Keterbukaan Informasi, pasal 310, 311 junto pasal 55.

Menurut kata sekretaris KPAI M Ihsan, Msi, yang ditemui di kantor KPAI, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (20/12/2010), soal pelaporan itu merupakan hak warga negara.

"Melapor itu hak warga negara, tapi polisi punya cara untuk mengkroscek kebenaran. Masalah pelaporan diteruskan atau tidak, itu kewenangan kepolisian. Kalau misal pak Hadi dipanggil polisi, dia bekerja bukan karena pribadi dia. Dia bekerja sebagai lembaga negara. Jadi, kalau kita (KPAI) dipanggil, harus datang," bebernya.

Orangtua Arumi melaporkan Hadi dalam kaitannya ketika menangani kasus Arumi. Saat itu, Hadi masih menjabat sebagai ketua KPAI. Meski kini Hadi bukan lagi ketua KPAI, Ihsan menegaskan KPAI tetap akan memberikan dukungan.

"Pak Hadi dilaporkan berarti secara otomatis melaporkan KPAI karena saat itu pak Hadi masih ketua KPAI," tegas Ihsan.

Bila keterangan KPAI diperlukan oleh polisi dalam memproses laporan orangtua Arumi terhadap Hadi, KPAI akan bersikap kooperatif.

"Kita hanya sekadar memberikan keterangan bersama pak Hadi. Dalam artian, kalau polisi bertanya kepada pak Hadi, biar dia yang menjawab. Kalau kepada komisioner yang baru, berarti saya yang jawab. Apapun yang didapatkan oleh polisi tentunya akan menjadi alat bukti apakah kita sudah bekerja sesuai aturan atau belum? Kalaupun dianggap keluar dari aturan, saya pikir KPAI punya kewenangan sendiri dalam memproses," tegasnya.

Saat masih menjadi ketua KPAI, Hadi bertanggung jawab memberikan perlindungan kepada Arumi yang datang minta tolong karena merasa terancam. Arumi mengadu ke KPAI, orangtuanya berusaha menjodohkan dengan pengusaha asal Kudus. Kemudian oleh KPAI, Arumi 'disembunyikan' di sebuah tempat yang aman dan tak diketahui siapapun.

Itu membuat orangtua Arumi merasa dipersulit untuk bertemu anaknya sendiri. Sejak pelarian Arumi yang hampir dua bulan, orangtua tak pernah sekalipun bertemu bintang film 18+ itu. (ang)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Gogon: Banyak Artis Pemakai, cuma Belum Ketangkap!