Hadi Supeno Dilaporkan Ortu Arumi, KPAI Siap Bantu

Mahfiroh | Selasa, 21 Desember 2010 - 11:24 wib
Arumi Bachsin (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

Arumi Bachsin (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

JAKARTA - Mantan ketua KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) Hadi Supeno dilaporkan orangtua Arumi Bachsin ke Polda. KPAI menyatakan siap membantu Hadi.

Ayah Arumi, Rudi Bachsin, ditemani pengacara Minola Sebayang melaporkan Hadi ke Polda Metro Jaya pada 17 Desember 2010. Hadi diduga telah membuat pembohongan publik yang tidak benar, atau menyesatkan sehingga ada kerugian yang dialami keluarga Arumi. Hadi dilaporkan telah melanggar UU Keterbukaan Informasi, pasal 310, 311 junto pasal 55.

Menurut kata sekretaris KPAI M Ihsan, Msi, yang ditemui di kantor KPAI, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (20/12/2010), soal pelaporan itu merupakan hak warga negara.

"Melapor itu hak warga negara, tapi polisi punya cara untuk mengkroscek kebenaran. Masalah pelaporan diteruskan atau tidak, itu kewenangan kepolisian. Kalau misal pak Hadi dipanggil polisi, dia bekerja bukan karena pribadi dia. Dia bekerja sebagai lembaga negara. Jadi, kalau kita (KPAI) dipanggil, harus datang," bebernya.

Orangtua Arumi melaporkan Hadi dalam kaitannya ketika menangani kasus Arumi. Saat itu, Hadi masih menjabat sebagai ketua KPAI. Meski kini Hadi bukan lagi ketua KPAI, Ihsan menegaskan KPAI tetap akan memberikan dukungan.

"Pak Hadi dilaporkan berarti secara otomatis melaporkan KPAI karena saat itu pak Hadi masih ketua KPAI," tegas Ihsan.

Bila keterangan KPAI diperlukan oleh polisi dalam memproses laporan orangtua Arumi terhadap Hadi, KPAI akan bersikap kooperatif.

"Kita hanya sekadar memberikan keterangan bersama pak Hadi. Dalam artian, kalau polisi bertanya kepada pak Hadi, biar dia yang menjawab. Kalau kepada komisioner yang baru, berarti saya yang jawab. Apapun yang didapatkan oleh polisi tentunya akan menjadi alat bukti apakah kita sudah bekerja sesuai aturan atau belum? Kalaupun dianggap keluar dari aturan, saya pikir KPAI punya kewenangan sendiri dalam memproses," tegasnya.

Saat masih menjadi ketua KPAI, Hadi bertanggung jawab memberikan perlindungan kepada Arumi yang datang minta tolong karena merasa terancam. Arumi mengadu ke KPAI, orangtuanya berusaha menjodohkan dengan pengusaha asal Kudus. Kemudian oleh KPAI, Arumi 'disembunyikan' di sebuah tempat yang aman dan tak diketahui siapapun.

Itu membuat orangtua Arumi merasa dipersulit untuk bertemu anaknya sendiri. Sejak pelarian Arumi yang hampir dua bulan, orangtua tak pernah sekalipun bertemu bintang film 18+ itu. (ang)
BERITA LAINNYA
  • Hot Gossip
    VIDEO: Keren, Lupita Nyong'o Pamer Kemampuan Rap VIDEO: Keren, Lupita Nyong'o Pamer Kemampuan Rap
    VIDEO: Keren, Lupita Nyong'o Pamer Kemampuan Rap

    Aktris Lupita Nyong'o memamerkan bakat terpendamnya bernyanyi rap untuk merayakan jumlah follower-nya di Isntagram yang mencapai 3 juta akun

  • Hot Gossip
    Inesh Putri Mengaku Tidak Pasang Target Tinggi di PON ke-19 Inesh Putri Mengaku Tidak Pasang Target Tinggi di PON ke-19
    Inesh Putri Mengaku Tidak Pasang Target Tinggi di PON ke-19

    Mantan Miss Indonesia 2012 Inesh Putri tidak pasang target tinggi saat berlaga di kompetisi PON Jabar ke-19 di kategori golf.

  • Hot Gossip
    FOTO: Tom Hanks 'Ganggu' Foto Pernikahan di Central Park FOTO: Tom Hanks 'Ganggu' Foto Pernikahan di Central Park
    FOTO: Tom Hanks 'Ganggu' Foto Pernikahan di Central Park

    Sepasang kekasih yang sedang foto pernikahan di Central Park, New York, AS dikejutkan Tom Hanks yang tiba-tiba ikut berfoto bersama mereka.

  • Hot Gossip
    FOTO: Wow, Katy Perry Akan Telanjang saat Pemilu AS FOTO: Wow, Katy Perry Akan Telanjang saat Pemilu AS
    FOTO: Wow, Katy Perry Akan Telanjang saat Pemilu AS

    Demi mendukung salah satu calon Presiden di pemilu AS, Katy Perry berencana telanjang untuk menarik pemilih memberikan suaranya. 

  • Hot Gossip
    Artis Menikah di Usia Muda, Ini Tanggapan Giorgino Abraham Artis Menikah di Usia Muda, Ini Tanggapan Giorgino Abraham
    Artis Menikah di Usia Muda, Ini Tanggapan Giorgino Abraham

    Giorgino Abraham memberikan tanggapannya soal banyaknya kalangan artis yang menikah di usia muda.

  • Hot Gossip
    FOTO: Reaksi Selebriti Hollywood Usai Debat Capres, Clinton vs Trump FOTO: Reaksi Selebriti Hollywood Usai Debat Capres, Clinton vs Trump
    FOTO: Reaksi Selebriti Hollywood Usai Debat Capres, Clinton vs Trump

    Para selebriti Hollywood pun tak ketinggalan mengomentari perdebatan calon Presiden Amerika Serikat di sosial media.

  • Hot Gossip
    Ingin Tetap Bermusik, Reza Artamevia Fokus Siapkan Album Baru Ingin Tetap Bermusik, Reza Artamevia Fokus Siapkan Album Baru
    Ingin Tetap Bermusik, Reza Artamevia Fokus Siapkan Album Baru

    Meski diterpa kasus hukum dengan Gatot Brajamusti, Reza Artamevia mengaku ingin tetap bermusik dan memilih fokus menyiapkan album terbaru

  • Hot Gossip
    Lupakan Tom Hiddleston, Taylor Swift Pilih Pamer Rambut Pendek Lupakan Tom Hiddleston, Taylor Swift Pilih Pamer Rambut Pendek
    Lupakan Tom Hiddleston, Taylor Swift Pilih Pamer Rambut Pendek

    Pasca putus dengan Tom Hiddleston, Taylor Swift hadir berbeda dengan gaya rambut pendek lewat potongan layer saat di ultah Liberty Ross.

  • Hot Gossip
    TERHEBOH: Aurel Hermansyah Foto Seksi, Ashanty Ngaku Tak Tahu TERHEBOH: Aurel Hermansyah Foto Seksi, Ashanty Ngaku Tak Tahu
    TERHEBOH: Aurel Hermansyah Foto Seksi, Ashanty Ngaku Tak Tahu

    Ashanty rupanya tidak tahu kalau Aurel berfoto dengan seorang pria, dan mengenakan pakaian seksi.

More Stories
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload