Hadi Supeno Dilaporkan Ortu Arumi, KPAI Siap Bantu

Mahfiroh | Selasa, 21 Desember 2010 - 11:24 wib
Arumi Bachsin (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

Arumi Bachsin (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

JAKARTA - Mantan ketua KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) Hadi Supeno dilaporkan orangtua Arumi Bachsin ke Polda. KPAI menyatakan siap membantu Hadi.

Ayah Arumi, Rudi Bachsin, ditemani pengacara Minola Sebayang melaporkan Hadi ke Polda Metro Jaya pada 17 Desember 2010. Hadi diduga telah membuat pembohongan publik yang tidak benar, atau menyesatkan sehingga ada kerugian yang dialami keluarga Arumi. Hadi dilaporkan telah melanggar UU Keterbukaan Informasi, pasal 310, 311 junto pasal 55.

Menurut kata sekretaris KPAI M Ihsan, Msi, yang ditemui di kantor KPAI, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (20/12/2010), soal pelaporan itu merupakan hak warga negara.

"Melapor itu hak warga negara, tapi polisi punya cara untuk mengkroscek kebenaran. Masalah pelaporan diteruskan atau tidak, itu kewenangan kepolisian. Kalau misal pak Hadi dipanggil polisi, dia bekerja bukan karena pribadi dia. Dia bekerja sebagai lembaga negara. Jadi, kalau kita (KPAI) dipanggil, harus datang," bebernya.

Orangtua Arumi melaporkan Hadi dalam kaitannya ketika menangani kasus Arumi. Saat itu, Hadi masih menjabat sebagai ketua KPAI. Meski kini Hadi bukan lagi ketua KPAI, Ihsan menegaskan KPAI tetap akan memberikan dukungan.

"Pak Hadi dilaporkan berarti secara otomatis melaporkan KPAI karena saat itu pak Hadi masih ketua KPAI," tegas Ihsan.

Bila keterangan KPAI diperlukan oleh polisi dalam memproses laporan orangtua Arumi terhadap Hadi, KPAI akan bersikap kooperatif.

"Kita hanya sekadar memberikan keterangan bersama pak Hadi. Dalam artian, kalau polisi bertanya kepada pak Hadi, biar dia yang menjawab. Kalau kepada komisioner yang baru, berarti saya yang jawab. Apapun yang didapatkan oleh polisi tentunya akan menjadi alat bukti apakah kita sudah bekerja sesuai aturan atau belum? Kalaupun dianggap keluar dari aturan, saya pikir KPAI punya kewenangan sendiri dalam memproses," tegasnya.

Saat masih menjadi ketua KPAI, Hadi bertanggung jawab memberikan perlindungan kepada Arumi yang datang minta tolong karena merasa terancam. Arumi mengadu ke KPAI, orangtuanya berusaha menjodohkan dengan pengusaha asal Kudus. Kemudian oleh KPAI, Arumi 'disembunyikan' di sebuah tempat yang aman dan tak diketahui siapapun.

Itu membuat orangtua Arumi merasa dipersulit untuk bertemu anaknya sendiri. Sejak pelarian Arumi yang hampir dua bulan, orangtua tak pernah sekalipun bertemu bintang film 18+ itu. (ang)
berikan komentar anda Lakukan Login untuk Komentar tanpa moderasi.
0 komentar disclaimer
BERITA LAINNYA
  • Hot Gossip
    FOTO: Ungkapan Syukur Shireen Sungkar Pasca Lahirkan Anak Kedua FOTO: Ungkapan Syukur Shireen Sungkar Pasca Lahirkan Anak Kedua
    FOTO: Ungkapan Syukur Shireen Sungkar Pasca Lahirkan Anak Kedua

    Shireen Sungkar mengungkapkan kebahagiannya di Instagram setelah melahirkan anak kedua yang diberi nama Cut Hawa Medina Alfatih. 

  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #2: Aming Tak Mau Menduga Penyebab Kondisi Istrinya Menurun TOP GOSSIP #2: Aming Tak Mau Menduga Penyebab Kondisi Istrinya Menurun
    TOP GOSSIP #2: Aming Tak Mau Menduga Penyebab Kondisi Istrinya Menurun

    Aming Sugandi begitu khawatir dengan keadaan istrinya, Evelyn Nada Anjani yang beberapa hari ini terkulai lemah di rumah sakit.

  • Hot Gossip
    Widyawati Nangis Rayakan Ultah Tanpa Sophan Sophian Widyawati Nangis Rayakan Ultah Tanpa Sophan Sophian
    Widyawati Nangis Rayakan Ultah Tanpa Sophan Sophian

    Widyawati mengaku sempat menangis lantaran tidak ada lagi yang memberikannya ciuman saat merayakan hari kelahirannya.

  • Hot Gossip
    Kartika Putri Tak Mau Komentar soal Kehamilan Nagita Slavina Kartika Putri Tak Mau Komentar soal Kehamilan Nagita Slavina
    Kartika Putri Tak Mau Komentar soal Kehamilan Nagita Slavina

    Nagita Slavina dikabarkan telah mengandung anak kedua. Sebagai sahabat, Kartika Putri belum berani berkomentar perihal kehamilan Nagita.

  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #1: Ivan Gunawan Tolak Sponsori Busana Pernikahan Artis TOP GOSSIP #1: Ivan Gunawan Tolak Sponsori Busana Pernikahan Artis
    TOP GOSSIP #1: Ivan Gunawan Tolak Sponsori Busana Pernikahan Artis

    Meskipun terbiasa masuk ke dalam lingkungan artis, Ivan mengaku enggan memberi sponsor untuk pernikahan artis. Baginya, menikah perlu modal.

  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #1: Ivan Gunawan Tolak Sponsori Busana Pernikahan Artis TOP GOSSIP #1: Ivan Gunawan Tolak Sponsori Busana Pernikahan Artis
    TOP GOSSIP #1: Ivan Gunawan Tolak Sponsori Busana Pernikahan Artis

    Meskipun terbiasa masuk ke dalam lingkungan artis, Ivan mengaku enggan memberi sponsor untuk pernikahan artis. Baginya, menikah perlu modal.

  • Hot Gossip
    Astri Ivo Ceritakan Kondisi Kesehatan Terkini Ibundanya Astri Ivo Ceritakan Kondisi Kesehatan Terkini Ibundanya
    Astri Ivo Ceritakan Kondisi Kesehatan Terkini Ibundanya

    Ibunda Astri Ivo sedang mengalami gangguan kesehatan akibat menderita penyakit diabetes.

  • Hot Gossip
    Romantisme Ussy dan Andhika Diklaim Murni Tanpa Rekayasa Romantisme Ussy dan Andhika Diklaim Murni Tanpa Rekayasa
    Romantisme Ussy dan Andhika Diklaim Murni Tanpa Rekayasa

    Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawati mengklaim bahwa romantisme diantara keduanya bukan rekayasa tapi dari sikap saling menghargai.

  • Hot Gossip
    Raffi Ahmad Tanggapi Kabar Pergi Bareng Ayu Ting Ting Raffi Ahmad Tanggapi Kabar Pergi Bareng Ayu Ting Ting
    Raffi Ahmad Tanggapi Kabar Pergi Bareng Ayu Ting Ting

    Belakangan ini, Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting diterpa gosip tidak sedap. Terkait hal tersebut, Raffi pun akhirnya angkat suara.

More Stories
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload