Happy Salma Jalani Upacara Pembersihan Diri

Minggu, 3 Oktober 2010 - 11:53 wib | Rohmat - Okezone

Happy Salma (foto: Koran SI)

Happy Salma Jalani Upacara Pembersihan Diri
UBUD- Prosesi pernikahan Happy Salma dan Tjok Bagus Dwi Santana Max Kerthyasa di Puri Ubud, Gianyar diawali dengan upacara pembersihan diri atau "mebiya kala mebiya kawon".

Prosesi yang dijalani wanita asal Sukabumi, Jawa Barat itu dimulai sekira pukul 09.00 Wita dipimpin oleh seorang pendeta yang. Acara hanya dihadiri keluarga besar dan kerabat dekat kedua mempelai.

"Karena pengantin wanita masuk ke keluarga Bali, sehingga ia mesti menjalani prosesi adat hindu," ujar  AA Legawa seorang pecalang yang ditemui di sekitar Puri Ubud, Minggu (3/10/2010).

Kedua pengantin mengenakan pakaian adat selama mengikuti upacara yang berlangsung di  bawah atau tanah di depan Bale Gede.

Setelah prosesi yang berlangsung sekira satu jam lebih, menandai batin dan fisik keduanya yang dianggap bersih atau suci, barulah Happy dan Tjok Bagus mengenakan pakaian kebesaran atau Payas Agung.  "Pakaian kebesaran  itu biasanya hanya dipakai oleh keluarga kerajaaan," bisik I Made Gandra pecalang lainnya.

Jalannya prosesi berlangsung lancar, dan hanya boleh disaksikan para keluarga dekat dan tamu undangan. Keluarga Happy Salma nampak mengenakan pakaian adat Bali saat mengikuti prosesi.

 Kota Ubud yang beberapa hari diguyur hujan namun H-1 hingga tadi siang, suasana nampak cerah. Sehingga Happy dan Tjok Bagus dapat melangsungkan semua prosesi dengan lancar. Menurut warga hari pernikahan Happy dan Tjok Bagus merupakan hari baik atau 'dewasa ayu.'

"Maaf saya tidak bisa menjelaskan ke media semua kegiatan pernikah Happy Salma sekarang, nanti akan dijelaskan sendiri oleh Happy Salma  pukul 13.30 Wita, " kata Yuli Evina Bhara dari pihak panitia ditemui di pintu gerbang puri. (uky)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bukan ABG Lagi, Syahrini Serius Pacari Pria Singapura