Nia Ramadhani Siraman, Airnya dari Sumur Masjid

Tomi Tresnady | Rabu, 31 Maret 2010 - 11:14 wib
Nia Ramadhani sungkem (Foto:Tomi Tresnady/Okezone)

Nia Ramadhani sungkem (Foto:Tomi Tresnady/Okezone)

JAKARTA - Sehari menjelang pernikahan, Nia Ramadhani menggelar prosesi siraman. Air untuk siraman diambil dari beberapa sumur masjid di Jakarta.

Selain diambil dari sumur masjid, air siraman yang diletakkan di dalam bokor besar itu juga ada yang berupa air zam zam dari Arab. Nia melakukan siraman sebagai bagian dari tradisi adat Jawa bagi calon pengantin.

Orang pertama yang menyiram Nia adalah ibunya, lalu bapaknya, kakak, kemudian para sepuh kerabat Nia. Acara siraman tersebut dilangsungkan di kediaman orangtua Nia di Jalan Benda No 9, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2010).

Sebelum siraman dilakukan, Nia sempat meminta izin kepada kakaknya, Wawan, karena mendahului Wawan menikah. Nia meminta doa restu dan keikhlasan Wawan merelakan Nia menikah lebih dahulu.

"Nia saya izinkan, saya rida, dan saya ikhlas Nia menikah lebih dahulu. Pesan mas Wawan agar Nia selalu berbakti kepada suami. Saya berdoa kepada Allah agar rumah tanggamu selalu diliputi kebahagiaan," kata Wawan kepada Nia.

Setelah itu, diputuskan benang lawe sebagai tanda keikhlasan persaudaraan. Prosesi siraman itu berubah menjadi haru ketika Nia mengucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah merawat dan membesarkannya selama ini.

"Mama, kata-kata yang akan terucap adalah terima kasih bahwa Nia telah dilahirkan dari orangtua seperti papa dan mama. Apapun yang terjadi itu akan dijadikan bekal Nia untuk berumah tangga. Insya Allah, papa dan mama memberikan restu. Insya Allah, besok Nia akan menjalankan kehidupan baru dengan laki-laki pilihan Nia," kata Nia.

Terakhir siraman dilakukan ayah Nia dan ibunya, yakni menyiram Nia dengan air bersih. Air itu digunakan sebagai air wudhu. Perlambang harapan agar hati Nia bersih. Lalu pemotongan rambut Nia yang dilakukan ayah Nia di sebelah kiri dan ibunya di sebelah kanan. Ini sebagai simbol untuk membuang sifat jelek Nia dan diharapkan bisa tumbuh kebajikan dalam rumah tangga Nia dengan Ardi Bakrie. Setelah itu, Nia melempar bunga melati. Siapa yang mendapatkannya akan segera memeroleh jodoh.

Akad nikah bintang film Suster Ngesot itu dengan Ardi Bakrie akan dilangsungkan pada 1 April 2010. Kemudian, pada 2 April akan digelar pesta untuk umum di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta. Acara akan digelar menggunakan adat Betawi dan Lampung. (ang)
BERITA LAINNYA
  • Hot Gossip
    Pakai Hijab saat Salat Ied, Ayu Ting Ting Disebut bak Bidadari Pakai Hijab saat Salat Ied, Ayu Ting Ting Disebut bak Bidadari
    Pakai Hijab saat Salat Ied, Ayu Ting Ting Disebut bak Bidadari

    Ayu Ting Ting yang pergi menunaikan salat Ied memakai hijab. Disebut netizen bak bidadari. Lainnya berharap ia dapat hijrah memakai hijab.

  • Hot Gossip
    Kesedihan Keluarga Rayakan Lebaran Pertama Tanpa Julia Perez Kesedihan Keluarga Rayakan Lebaran Pertama Tanpa Julia Perez
    Kesedihan Keluarga Rayakan Lebaran Pertama Tanpa Julia Perez

    Hari pertama merayakan lebaran tanpa Julia Perez membuat keluarga besar merasa sedih dan kehilangan.

  • Hot Gossip
    LEBARAN SELEB: Cantiknya Raisa Berhijab saat Foto Bareng Keluarga LEBARAN SELEB: Cantiknya Raisa Berhijab saat Foto Bareng Keluarga
    LEBARAN SELEB: Cantiknya Raisa Berhijab saat Foto Bareng Keluarga

    Raisa mengunggah foto bersama keluarga saat memakai hijab berwarna putih, sontak netizen pun salah fokus dan menyebutnya semakin cantik.

  • Hot Gossip
    Lebaran di Jakarta, Naga Lyla Tak Bisa Nyekar ke Makam Kakek Nenek Lebaran di Jakarta, Naga Lyla Tak Bisa Nyekar ke Makam Kakek Nenek
    Lebaran di Jakarta, Naga Lyla Tak Bisa Nyekar ke Makam Kakek Nenek

    Lebaran kali ini menjadi momen pertama Naga Lyla merayakan hari raya idul fitri di Jakarta.

  • Hot Gossip
    Debut Bersama 'BLACKPINK', Popularitas Lisa Meningkat di Thailand Debut Bersama 'BLACKPINK', Popularitas Lisa Meningkat di Thailand
    Debut Bersama 'BLACKPINK', Popularitas Lisa Meningkat di Thailand

    Lisa ‘BLACKPINK’ langsung jadi buah bibir di negara asalnya, Thailand, ketika debutnya dimulai.

  • Hot Gossip
    Kue Koya Jadi Makanan Wajib Indah Nevertari saat Lebaran Kue Koya Jadi Makanan Wajib Indah Nevertari saat Lebaran
    Kue Koya Jadi Makanan Wajib Indah Nevertari saat Lebaran

    Bukan kastengel, nastar, atau bahkan putri salju yang menjadi buruan Indah Nevertari saat hari Lebaran datang.

  • Hot Gossip
    Nasi Rawon Jadi Menu Andalan Enno Lerian di Hari Lebaran Nasi Rawon Jadi Menu Andalan Enno Lerian di Hari Lebaran
    Nasi Rawon Jadi Menu Andalan Enno Lerian di Hari Lebaran

    Wajar saja karena Enno lahir di kota Blitar, Jawa Timur. Nasi rawon menjadi salah satu hidangan khas dari daerah tersebut.

  • Hot Gossip
    Kenang Masa Kecil, Alasan Kirana Larasati Bagi-Bagi Angpao Kenang Masa Kecil, Alasan Kirana Larasati Bagi-Bagi Angpao
    Kenang Masa Kecil, Alasan Kirana Larasati Bagi-Bagi Angpao

    Bagi-bagi angpau adalah tradisi yang pantang absen dari momen Lebaran Kirana Larasati.

  • Hot Gossip
    LEBARAN SELEB: Penuh Haru, Keluarga Besar Nyekar ke Makam Jupe LEBARAN SELEB: Penuh Haru, Keluarga Besar Nyekar ke Makam Jupe
    LEBARAN SELEB: Penuh Haru, Keluarga Besar Nyekar ke Makam Jupe

    Setelah menunaikan ibadah salat Idul Fitri, keluarga besar langsung melakukan nyekar ke makam Julia Perez.

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload