Nia Ramadhani Siraman, Airnya dari Sumur Masjid

Tomi Tresnady | Rabu, 31 Maret 2010 - 11:14 wib
Nia Ramadhani sungkem (Foto:Tomi Tresnady/Okezone)

Nia Ramadhani sungkem (Foto:Tomi Tresnady/Okezone)

JAKARTA - Sehari menjelang pernikahan, Nia Ramadhani menggelar prosesi siraman. Air untuk siraman diambil dari beberapa sumur masjid di Jakarta.

Selain diambil dari sumur masjid, air siraman yang diletakkan di dalam bokor besar itu juga ada yang berupa air zam zam dari Arab. Nia melakukan siraman sebagai bagian dari tradisi adat Jawa bagi calon pengantin.

Orang pertama yang menyiram Nia adalah ibunya, lalu bapaknya, kakak, kemudian para sepuh kerabat Nia. Acara siraman tersebut dilangsungkan di kediaman orangtua Nia di Jalan Benda No 9, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2010).

Sebelum siraman dilakukan, Nia sempat meminta izin kepada kakaknya, Wawan, karena mendahului Wawan menikah. Nia meminta doa restu dan keikhlasan Wawan merelakan Nia menikah lebih dahulu.

"Nia saya izinkan, saya rida, dan saya ikhlas Nia menikah lebih dahulu. Pesan mas Wawan agar Nia selalu berbakti kepada suami. Saya berdoa kepada Allah agar rumah tanggamu selalu diliputi kebahagiaan," kata Wawan kepada Nia.

Setelah itu, diputuskan benang lawe sebagai tanda keikhlasan persaudaraan. Prosesi siraman itu berubah menjadi haru ketika Nia mengucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah merawat dan membesarkannya selama ini.

"Mama, kata-kata yang akan terucap adalah terima kasih bahwa Nia telah dilahirkan dari orangtua seperti papa dan mama. Apapun yang terjadi itu akan dijadikan bekal Nia untuk berumah tangga. Insya Allah, papa dan mama memberikan restu. Insya Allah, besok Nia akan menjalankan kehidupan baru dengan laki-laki pilihan Nia," kata Nia.

Terakhir siraman dilakukan ayah Nia dan ibunya, yakni menyiram Nia dengan air bersih. Air itu digunakan sebagai air wudhu. Perlambang harapan agar hati Nia bersih. Lalu pemotongan rambut Nia yang dilakukan ayah Nia di sebelah kiri dan ibunya di sebelah kanan. Ini sebagai simbol untuk membuang sifat jelek Nia dan diharapkan bisa tumbuh kebajikan dalam rumah tangga Nia dengan Ardi Bakrie. Setelah itu, Nia melempar bunga melati. Siapa yang mendapatkannya akan segera memeroleh jodoh.

Akad nikah bintang film Suster Ngesot itu dengan Ardi Bakrie akan dilangsungkan pada 1 April 2010. Kemudian, pada 2 April akan digelar pesta untuk umum di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta. Acara akan digelar menggunakan adat Betawi dan Lampung. (ang)
BERITA LAINNYA
  • Hot Gossip
    Iwa K Ajukan Permohonan Rehabilitasi Narkoba Iwa K Ajukan Permohonan Rehabilitasi Narkoba
    Iwa K Ajukan Permohonan Rehabilitasi Narkoba

    Iwa K mengajukan surat permohonan rehabilitasi. Hal itu diungkapkan kuasa hukum Iwa menyusul penangkapan yang terjadi di Bandara Soetta.

  • Hot Gossip
    Setelah Umrah, Dede Sunandar Targetkan Beli Rumah di Jakarta Setelah Umrah, Dede Sunandar Targetkan Beli Rumah di Jakarta
    Setelah Umrah, Dede Sunandar Targetkan Beli Rumah di Jakarta

    Di tayangan Seleb on News MNCTV baru-baru ini, Dede mengungkap ingin memiliki rumah sendiri.

  • Hot Gossip
    Gara-Gara Tak Suka Selfie, Gong Yoo Ogah Pakai Sosmed Gara-Gara Tak Suka Selfie, Gong Yoo Ogah Pakai Sosmed
    Gara-Gara Tak Suka Selfie, Gong Yoo Ogah Pakai Sosmed

    Gong Yoo tidak menggunakan sosial media berupa apapun untuk mengabadikan segala momen yang dilewatinya.

  • Hot Gossip
    Istri Ustadz Solmed Tak Ikut Berdakwah, Tapi... Istri Ustadz Solmed Tak Ikut Berdakwah, Tapi...
    Istri Ustadz Solmed Tak Ikut Berdakwah, Tapi...

    Ustadz Solmed tidak menyebutkan bahwa perempuan yang dinikahinya pada 2011 silam ini berdakwah layaknya ustadzah lainnya

  • Hot Gossip
    Iwa K Tertangkap Kasus Narkoba, Rapper JFlow: Stay Strong Brother! Iwa K Tertangkap Kasus Narkoba, Rapper JFlow: Stay Strong Brother!
    Iwa K Tertangkap Kasus Narkoba, Rapper JFlow: Stay Strong Brother!

    Dikenal sebagai Indonesian with Attitude atau orang Indonesia berpendirian, para rapper pun bersuara mendukung Iwa.Salah satunya Jflow.

  • Hot Gossip
    Ditahan di Mapolresta Bandara Soetta, Iwa K Dijenguk Sahabat Ditahan di Mapolresta Bandara Soetta, Iwa K Dijenguk Sahabat
    Ditahan di Mapolresta Bandara Soetta, Iwa K Dijenguk Sahabat

    Penyanyi Ras Muhamad menyambangi Mapolresta Bandara Soekarno Hatta siang tadi pada Minggu (30/4/2017).

  • Hot Gossip
    FOTO: Seminggu Syuting Cooking Camp, Aura Kasih Kepincut Pemandangan Lembang FOTO: Seminggu Syuting Cooking Camp, Aura Kasih Kepincut Pemandangan Lembang
    FOTO: Seminggu Syuting Cooking Camp, Aura Kasih Kepincut Pemandangan Lembang

    Aura Kasih takjub dengan momen-momen syuting film Cooking Camp garapan MNC Pictures.

  • Hot Gossip
    Jaga Keharmonisan Keluarga, Raffi Ahmad Pentingkan Komunikasi Jaga Keharmonisan Keluarga, Raffi Ahmad Pentingkan Komunikasi
    Jaga Keharmonisan Keluarga, Raffi Ahmad Pentingkan Komunikasi

    Sering diterpa isu miring membuat Raffi Ahmad harus tahu bagaimana menjaga keluarganya tetap harmonis.

  • Hot Gossip
    Fokus ke Keluarga, Rianti Cartwright Hengkang dari Dunia Hiburan? Fokus ke Keluarga, Rianti Cartwright Hengkang dari Dunia Hiburan?
    Fokus ke Keluarga, Rianti Cartwright Hengkang dari Dunia Hiburan?

    Lama tak terlihat, Rianti Cartwright rupanya kabarnya mundur dari dunia hiburan. Rianti saat ini tengah fokus untuk bidang yang lain.

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload