Nia Ramadhani Siraman, Airnya dari Sumur Masjid

Tomi Tresnady | Rabu, 31 Maret 2010 - 11:14 wib
Nia Ramadhani sungkem (Foto:Tomi Tresnady/Okezone)

Nia Ramadhani sungkem (Foto:Tomi Tresnady/Okezone)

JAKARTA - Sehari menjelang pernikahan, Nia Ramadhani menggelar prosesi siraman. Air untuk siraman diambil dari beberapa sumur masjid di Jakarta.

Selain diambil dari sumur masjid, air siraman yang diletakkan di dalam bokor besar itu juga ada yang berupa air zam zam dari Arab. Nia melakukan siraman sebagai bagian dari tradisi adat Jawa bagi calon pengantin.

Orang pertama yang menyiram Nia adalah ibunya, lalu bapaknya, kakak, kemudian para sepuh kerabat Nia. Acara siraman tersebut dilangsungkan di kediaman orangtua Nia di Jalan Benda No 9, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2010).

Sebelum siraman dilakukan, Nia sempat meminta izin kepada kakaknya, Wawan, karena mendahului Wawan menikah. Nia meminta doa restu dan keikhlasan Wawan merelakan Nia menikah lebih dahulu.

"Nia saya izinkan, saya rida, dan saya ikhlas Nia menikah lebih dahulu. Pesan mas Wawan agar Nia selalu berbakti kepada suami. Saya berdoa kepada Allah agar rumah tanggamu selalu diliputi kebahagiaan," kata Wawan kepada Nia.

Setelah itu, diputuskan benang lawe sebagai tanda keikhlasan persaudaraan. Prosesi siraman itu berubah menjadi haru ketika Nia mengucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah merawat dan membesarkannya selama ini.

"Mama, kata-kata yang akan terucap adalah terima kasih bahwa Nia telah dilahirkan dari orangtua seperti papa dan mama. Apapun yang terjadi itu akan dijadikan bekal Nia untuk berumah tangga. Insya Allah, papa dan mama memberikan restu. Insya Allah, besok Nia akan menjalankan kehidupan baru dengan laki-laki pilihan Nia," kata Nia.

Terakhir siraman dilakukan ayah Nia dan ibunya, yakni menyiram Nia dengan air bersih. Air itu digunakan sebagai air wudhu. Perlambang harapan agar hati Nia bersih. Lalu pemotongan rambut Nia yang dilakukan ayah Nia di sebelah kiri dan ibunya di sebelah kanan. Ini sebagai simbol untuk membuang sifat jelek Nia dan diharapkan bisa tumbuh kebajikan dalam rumah tangga Nia dengan Ardi Bakrie. Setelah itu, Nia melempar bunga melati. Siapa yang mendapatkannya akan segera memeroleh jodoh.

Akad nikah bintang film Suster Ngesot itu dengan Ardi Bakrie akan dilangsungkan pada 1 April 2010. Kemudian, pada 2 April akan digelar pesta untuk umum di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta. Acara akan digelar menggunakan adat Betawi dan Lampung. (ang)
BERITA LAINNYA
  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #3: Yuke Nilai Ahmad Dhani Mampu Keras dan Tegas Jadi Wabup Bekasi TOP GOSSIP #3: Yuke Nilai Ahmad Dhani Mampu Keras dan Tegas Jadi Wabup Bekasi
    TOP GOSSIP #3: Yuke Nilai Ahmad Dhani Mampu Keras dan Tegas Jadi Wabup Bekasi

    Yuke menilai jika kepribadian Ahmad Dhani tak jauh dari karakteristik Gubernur DKI Jakarta saat ini, Ahok. Yaitu kejam dan tegas.

  • Hot Gossip
    Rina Nose Bocorkan Kondisi Terbaru Saipul Jamil di Dalam Tahanan Rina Nose Bocorkan Kondisi Terbaru Saipul Jamil di Dalam Tahanan
    Rina Nose Bocorkan Kondisi Terbaru Saipul Jamil di Dalam Tahanan

    Berada di balik jeruji besi membuat pedangdut Saipul Jamil hilang dari peredaran dunia hiburan.

  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #2: Ingin Berkarir di PBB Jadi Alasan Angelina Jolie Ceraikan Brad Pitt TOP GOSSIP #2: Ingin Berkarir di PBB Jadi Alasan Angelina Jolie Ceraikan Brad Pitt
    TOP GOSSIP #2: Ingin Berkarir di PBB Jadi Alasan Angelina Jolie Ceraikan Brad Pitt

    Angelina Jolie dikabarkan memiliki ambisi untuk berkarier di dunia politik. Khususnya bekerja di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

  • Hot Gossip
    Elly Sugigi Tak Sungkan Tidur Seranjang dengan ART Elly Sugigi Tak Sungkan Tidur Seranjang dengan ART
    Elly Sugigi Tak Sungkan Tidur Seranjang dengan ART

    Elly Sugigi memiliki pandangan berbeda terhadap orang-orang yang menggeluti profesi asisten rumah tangga

  • Hot Gossip
    Rahasia Soraya Larasati Mengurus Anak Rahasia Soraya Larasati Mengurus Anak
    Rahasia Soraya Larasati Mengurus Anak

    Aktris Soraya Larasati sepertinya sudah semakin matang menjadi seorang ibu untuk buah hatinya yang kini sudah berusia tiga tahun.

  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #1: Pengacara Shyalimar Tidak Inginkan Berdamai Dengan Riza Shahab TOP GOSSIP #1: Pengacara Shyalimar Tidak Inginkan Berdamai Dengan Riza Shahab
    TOP GOSSIP #1: Pengacara Shyalimar Tidak Inginkan Berdamai Dengan Riza Shahab

    Kuasa hukum Shyalimar tidak ingin menempuh jalur damai dengan pihak Riza Shahab. Berharap Riza secepatnya bisa ditetapkan menjadi tersangka

  • Hot Gossip
    Elly Sugigi Minta Semua Pihak Hargai Asisten Rumah Tangga Elly Sugigi Minta Semua Pihak Hargai Asisten Rumah Tangga
    Elly Sugigi Minta Semua Pihak Hargai Asisten Rumah Tangga

    wanita bernama lengkap Elly Suhari menentang keras aksi diskrimasi yang ditunjukkan oleh seorang majikan terhadap asisten rumah tangga (ART)

  • Hot Gossip
    Pipi Chubby Tina Toon Bawa Hoki Pipi Chubby Tina Toon Bawa Hoki
    Pipi Chubby Tina Toon Bawa Hoki

    Dikenal dengan penyanyi cilik yang lucu dengan pipi menggemaskan masih melekar pada Tina Toon hingga saat ini

  • Hot Gossip
    FOTO: Demi Dekati IU, Kang Na Heul Rela Jadi 'Ojek Payung' FOTO: Demi Dekati IU, Kang Na Heul Rela Jadi 'Ojek Payung'
    FOTO: Demi Dekati IU, Kang Na Heul Rela Jadi 'Ojek Payung'

    Aktor Kang Na Heul melakukan beberapa aksi konyol dan mengumbar lelucon demi mendapatkan perhatian dan ingin menjadi sahabat penyanyi IU.

More Stories
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload