Nia Ramadhani Siraman, Airnya dari Sumur Masjid

Rabu, 31 Maret 2010 11:14 wib | Tomi Tresnady - Okezone

Nia Ramadhani sungkem (Foto:Tomi Tresnady/Okezone) Nia Ramadhani sungkem (Foto:Tomi Tresnady/Okezone) JAKARTA - Sehari menjelang pernikahan, Nia Ramadhani menggelar prosesi siraman. Air untuk siraman diambil dari beberapa sumur masjid di Jakarta.

Selain diambil dari sumur masjid, air siraman yang diletakkan di dalam bokor besar itu juga ada yang berupa air zam zam dari Arab. Nia melakukan siraman sebagai bagian dari tradisi adat Jawa bagi calon pengantin.

Orang pertama yang menyiram Nia adalah ibunya, lalu bapaknya, kakak, kemudian para sepuh kerabat Nia. Acara siraman tersebut dilangsungkan di kediaman orangtua Nia di Jalan Benda No 9, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2010).

Sebelum siraman dilakukan, Nia sempat meminta izin kepada kakaknya, Wawan, karena mendahului Wawan menikah. Nia meminta doa restu dan keikhlasan Wawan merelakan Nia menikah lebih dahulu.

"Nia saya izinkan, saya rida, dan saya ikhlas Nia menikah lebih dahulu. Pesan mas Wawan agar Nia selalu berbakti kepada suami. Saya berdoa kepada Allah agar rumah tanggamu selalu diliputi kebahagiaan," kata Wawan kepada Nia.

Setelah itu, diputuskan benang lawe sebagai tanda keikhlasan persaudaraan. Prosesi siraman itu berubah menjadi haru ketika Nia mengucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah merawat dan membesarkannya selama ini.

"Mama, kata-kata yang akan terucap adalah terima kasih bahwa Nia telah dilahirkan dari orangtua seperti papa dan mama. Apapun yang terjadi itu akan dijadikan bekal Nia untuk berumah tangga. Insya Allah, papa dan mama memberikan restu. Insya Allah, besok Nia akan menjalankan kehidupan baru dengan laki-laki pilihan Nia," kata Nia.

Terakhir siraman dilakukan ayah Nia dan ibunya, yakni menyiram Nia dengan air bersih. Air itu digunakan sebagai air wudhu. Perlambang harapan agar hati Nia bersih. Lalu pemotongan rambut Nia yang dilakukan ayah Nia di sebelah kiri dan ibunya di sebelah kanan. Ini sebagai simbol untuk membuang sifat jelek Nia dan diharapkan bisa tumbuh kebajikan dalam rumah tangga Nia dengan Ardi Bakrie. Setelah itu, Nia melempar bunga melati. Siapa yang mendapatkannya akan segera memeroleh jodoh.

Akad nikah bintang film Suster Ngesot itu dengan Ardi Bakrie akan dilangsungkan pada 1 April 2010. Kemudian, pada 2 April akan digelar pesta untuk umum di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta. Acara akan digelar menggunakan adat Betawi dan Lampung. (ang)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »