Ray Sahetapy Belajar Wayang dari Istri

Sabtu, 20 Februari 2010 17:48 wib | Johan Sompotan - Okezone

Ray Sahetapy. (Foto: okezone) Ray Sahetapy. (Foto: okezone) JAKARTA - Terlahir sebagai putra Minahasa, Sulawesi Utara, seniman Ray Sahetapy bersemangat mempelajari budaya Indonesia. Salah satunya adalah wayang yang dipelajari dari istrinya, Sri Respatini.

“Istri saya kan Jawa. Saya belajar dari dia dan saya selama tiga bulan ini mengadakan perjalanan ke raja-raja Mataram. Saya ikuti itu hingga ketika saya pentas,” papar Ray ditemui di jumpa pers The Indonesian Opera Drama Wayang Swaraloka di Gedung Pewayangan TMII, Jakarta Timur, Sabtu (20/2/2010).

Ketertarikan ikut bemain wayang berawal dari niat Ray untuk mengangkat budaya yang sangat dekat dengan masyarakat Pulau Jawa. “Ini kesempatan buat aktor seperti saya yang budayanya dari Saparua, Minahasa,” urainya.

Sebagai seniman, Ray ingin kebudayaan bisa diikat dengan kehausan, kelembutan, dan kebebasan untuk mengembangkan budaya yang sudah ada. Saat memainkan wayang pun, menurut Ray, seorang aktor harus memerankan karakter secara kuat.

“Enggak mungkin main wayang itu lembek. Bagaimana mau menyampaikan gagasan-gagasannya kalau lembek? Di sini perlu waktu untuk memerankan wayang itu sendiri,” pungkas pria yang pernah menikah dengan Dewi Yull ini.
(nov)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »