Inglorious Basterds: Pembalasan Yahudi terhadap Nazi

Rabu, 07 Oktober 2009 11:26 wib | Novi Muharrami - Okezone

SEBELUM memutuskan menonton film ini, Anda sebaiknya bersiap untuk mendengarkan dialog film dalam tiga bahasa, Inggris, Prancis, dan Jerman. Film ini lebih didominasi bahasa Prancis sesuai cerita yang diadaptasi dari sejarah di masa pendudukan Nazi di Prancis pada perang dunia ke-2.

Film yang berdurasi hampir tiga jam ini menceritakan sekelompok pemuda yang dikenal dengan the basterds bertugas menumpas pasukan Nazi untuk membunuh Fuhrer Adolf Hitler. Pimpinan the Basterd dipegang oleh Lt Aldo Raine (Brad Pitt).

Di belahan eropa lainnya, dia merekrut orang-orang Yahudi dan pengkhianat Jerman untuk bersama-sama membunuh tentara Nazi, termasuk aktris Bridget von Hammersmark (Diane Kruger) untuk mendekati pemimpin rezim ketiga.

Inglorious Basterds menceritakan misteri kematian Adolf Hitler. Pemimpin tertinggi Nazi ini tidak pernah diketahui penyebab kematiannya.

Sisi lain yang ingin diceritakan Tarantino adalah Adolf Hitler mati di tangan seorang wanita bernama Shosana Dreyfus pemilik bioskop di Kota Paris yang membakarnya beserta beberapa perwira tinggi Nazi, termasuk Dr Joseph Goebbles-orang kepercayaan Fuhrer Hitler, dalam sebuah perayaan Malam Jerman di bioskopnya.

Bermula dari Col Hans Landa yang dikenal sebagai Pemburu Yahudi. Dia mendata seluruh warga Yahudi yang ada di Prancis. Pada kunjungannya ke rumah Perrier LaPadite (Denis Menochet), dia memaksa LaPadite untuk memberitahu di mana keluarga Dreyfus bersembunyi.

LaPadite pun memberitahu lokasi mereka dan membunuh hampir seluruh keluarga Dreyfus kecuali Shosana. Shosana saksi kekejaman Nazi terhadap keluarganya. Dia pun lari ke Paris dan berhasil mengelola bioskop di sana.

Cerita film ini ditulis dan disutradarai sekaligus oleh Quentin Tarantino. Tokoh Aldo sebagai tokoh yang dingin dan humoris, serta kejam dengan meminta anak buahnya membawa 100 kulit kepala tentara Jerman untuk diberikan kepadanya.

Cerita di dalam film ini lebih terfokus kepada peran Hans Landa, komando keamanan Nazi di Prancis yang menguasai banyak bahasa dan budaya, serta kebiasaan di beberapa negara. Banyak istilah-istilah dalam bahasa Inggris dan Prancis, serta Jerman yang ada di dalam film ini yang dapat anda pelajari.

Christoph Waltz mampu memerankan tokoh Hans Landa dan membuat ketegangan cerita memuncak saat dia memainkan kata-kata dalam menginterogasi pengkhianat Nazi. Namun, ada juga beberapa adegan yang akan membuat Anda tertawa, dan dilanjutkan dengan kesadisan tokoh beruang Yahudi membunuh tentara Nazi dengan tongkat baseball.

Secara keseluruhan film ini banyak menayangkan adegan sadis. Kesadisan tentara Nazi kepada orang-orang Yahudi digambarkan sebaliknya. Orang-orang Yahudi juga bisa bertindak lebih kejam saat balas dendam terhadap pasukan Nazi.

Pemeran: Brad Pitt (Lt Aldo Raine), Melanie Laurent (Shosanna Dreyfus), Christop Waltz (Col Hans Landa), Eli Roth (Sgt Donny Donowitz), Michael Fassbender (Lt Archie Hicox), Diane Kruger (Bridget von Hammersmark), Daniel Bruhl (Pvt Frederick Zoller), Til Schweiger (Sgt Hugo Stiglitz), Sylvester Groth (Joseph Goebbels). (nov)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »